Share It  Berita Terkini, Unik & Menarik

Ini Dia Keuntungannya Jadi Orang yang Paham Teknologi

Teknologi 6 Days, 23 Hours ago
Perkembangan teknologi menjadi hal yang sudah tidak asing lagi perkembangan teknologi informasi saat ini memang jauh lebih pesat dari tahun tahun sebelumnya transformasi dari teknologi masalalalu menjadi teknologi yang lebih cangggih mudah dan cepat. Nah, perkembangan teknologi yang pesat ternyata gak selalu diimbangi dengan kemampuan manusianya. Kenyataannya, masih banyak tuh yang masih gaptek alias gagap teknologi. Padahal ngerti teknologi itu penting lho, terutama buat kita yang masih muda. Jadi, apa aja sih keuntungannya jadi orang yang paham teknologi? Simak sama-sama yuk!

1. Kesempatan kerja untukmu lebih terbuka lebar.
Pekerjaan di zaman sekarang udah gak bisa lepas sama teknologi. Paling tidak, kamu harus paham gimana caranya mengoperasikan komputer dan program-programnya — seperti Microsoft Word, Excel, dan internet. Nah, kalo kamu ngerti seluk beluk software komputer dengan baik, itu bisa jadi nilai plus yang kamu jual saat kamu melamar di suatu kerjaan meskipun latar belakang pendidikanmu bukan dari jurusan komputer. Pengetahuan ini sangat penting sekali.

2. Kamu lebih efisien dalam bekerja.
Orang yang paham teknologi biasanya paham pintasan alias shortcut dari program-program yang digunakannya untuk bekerja. Contohnya, kalo kamu mau bikin kalimatmu jadi huruf bold semua, kamu bisa menekan ctrl+B di keyboard, atau ctrl+S untuk menyimpan (save) dokumen kerjaan. Pintasan ini sangat beraneka ragam dan bisa berbeda fungsi untuk program yang berbeda. Tapi, ini bisa membantu kita lebih efisien dalam bekerja daripada kamu menggerakkan panah mouse ke sana kemari.



3. Berpotensi menghasilkan uang tambahan atau bisa membuka lapangan kerja sendiri.
Di era globalisasi seperti sekarang, bisnis online dan menjadi pekerja lepas atau freelance bisa menjadi kegiatan yang menjanjikan pemasukan tambahan karena bisnismu itu bisa merambah sampai ke mancanegara. Kalau kamu berniat serius ini bahkan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama kamu lho.


Sumber foto: Investasi, Bisnis dan Keuangan Syariah

4. Bahkan kamu berpotensi jadi orang kaya!
Perusahaan besar yang berdiri sekarang banyak yang dibangun oleh orang-orang penggila teknologi, contoh aja Bill Gates, Steve Jobs dan Mark Zuckerberg. Kini, banyak anak-anak muda yang berlomba-lomba mengejar mereka dengan menghasilkan inovasi baru lewat perusahaan startup mereka yang berangkat dari kecintaan mereka terhadap teknologi.

5. Kamu memahami kebutuhanmu terhadap perangkat elektronik.
Dengan memperhitungkan kebutuhanmu kamu bisa menghemat banyak uang lewat perbandingan spesifikasi dan harga suatu produk. Misalnya, laptop merk A dengan spesifikasi tertentu harganya 10 juta. Karena kamu paham sama kebutuhanmu, kamu akhirnya menjatuhkan pilihan pada laptop merk B yang punya spesifikasi sama tapi harganya cuma 8,5 juta.

6. Ngerakit PC sendiri? Keciiil!
Karena kamu paham seluk-beluk perangkat keras komputer merakit PC bukan hal yang luar biasa buat kamu. Kamu tahu PC-mu akan digunakan buat apa (biasanya buat game, sih) dan kamu tahu ke mana harus mencari komponen-komponen yang kamu butuhkan seperti: CPU, GPU, Harddisk, RAM dan lain-lain. Omong-omong, ngerakit PC sendiri lebih murah dan lebih puas lho!

7. Kamu tahu gimana caranya merawat gadget-mu.
Semua perangkat elektronikmu tetap dalam kondisi baik meski udah digunakan selama beberapa tahun. Kalau mau dijual lagi pun, harganya lumayan tinggi. Semua karena kamu bisa memperlakukan dan merawatnya dengan baik.

8. Kamu mengerti mana barang yang bagus dan mana yang kurang bagus.
Karena kamu udah sering berkutat sama perangkat elektronik kamu jadi tahu mana yang mutunya tinggi dan mana yang gampang rusak. Kamu pun jadi lebih dipercaya sama orang-orang untuk membantu menentukan mana yang sebaiknya dibeli dan jangan dibeli.


Sumber foto: Medium

Nah, udah tahu kan kalo ternyata paham teknologi itu punya banyak manfaat, yakin masih betah jadi orang yang gaptek? Yuk belajar paham teknologi bareng-bareng! Masyarakat Indonesia harus benar-benar cerdas utnuk memilah mana sisi positif dan negatifnya agar perkembangan teknologi yang terjadi serta bagaimana komunikasi itu selayaknya dilakukan, dijalankan dengan benar dan seimbang. Semoga bermanfaat.


Tags 2022 informasi teknologi paham orang jadi keuntungan dia ini artikel

Baca Juga